Pada Sabtu, 24 Juli 2021 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar Kuliah Pakar bertajuk "Kerangka Pengembangan ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbolic, and Application) dan Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Pembelajaran Matematika". Acara dibuka oleh Prof. H. Masjaya, M.Si., selaku Rektor Universitas Mulawarman, yang dalam sambutannya menegaskan pentingnya pembelajaran matematika yang efektif dan bermakna bagi siswa. Beliau berharap Kuliah Pakar ini dapat memberikan wawasan baru bagi para peserta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Indonesia.

Dua narasumber ahli di bidang pendidikan matematika turut hadir dalam acara tersebut. Sitti Maesuri Patahuddin, Ph.D., asisten profesor di Universitas Canberra Australia, menyampaikan materi tentang "Pengembangan ELPSA dalam Pembelajaran Matematika Secara Bermakna". Sementara Dr. Kadek Adi Wibawa, S.Pd., M.Pd., dari Universitas Mahasaraswati Denpasar, membawakan materi tentang "Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Pembelajaran Matematika secara Bermakna". Kedua narasumber berhasil menyajikan materi dengan menarik dan informatif, memberikan peserta pengetahuan dan pemahaman baru tentang pengembangan pembelajaran matematika yang efektif dan bermakna bagi siswa.

Kuliah Pakar ini memiliki manfaat yang signifikan bagi para peserta. Mereka dapat meningkatkan pemahaman tentang kerangka kerja pedagogi ELPSA dalam pembelajaran matematika, serta meningkatkan kemampuan dalam mendefragmentasi struktur berpikir siswa. Selain itu, mereka juga mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif dan bermakna, yang berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia secara keseluruhan.

Dengan demikian, Kuliah Pakar "Kerangka Pengembangan ELPSA dan Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Pembelajaran Matematika" merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia. Kerangka kerja ELPSA dan defragmentasi struktur berpikir yang disampaikan dapat menjadi panduan bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran matematika yang lebih bermakna dan efektif bagi siswa. Diharapkan, kehadiran acara semacam ini dapat mendorong terciptanya inovasi dan kemajuan dalam pendidikan matematika di Indonesia.

berita prodipmtk