Sabtu, 9 Oktober 2021, menjadi momen
bersejarah bagi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNMUL. Dengan semangat
yang menggebu, program studi tersebut menyelenggarakan kuliah umum tahap 2
dengan tema yang mengangkat ragam metode penelitian penting dalam dunia
pendidikan matematika. Berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting, acara
ini menjadi platform bagi pemahaman mendalam tentang Design Research, Single
Subject Research, Ethnography, dan Systematic Literature Review.
Dr. Rully Charitas Indra Prahmana,
S.Si., M.Pd., seorang pakar di bidangnya, diundang sebagai narasumber utama
dalam acara tersebut. Dengan pengalaman dan pengetahuannya yang luas, beliau
memberikan wawasan yang berharga kepada peserta. Memandu acara dengan apik
adalah Auliaul Fitrah Samsuddin, S.Pd., M.Pd., seorang dosen berdedikasi di
program studi yang sama. Kehadiran keduanya memberikan warna tersendiri pada
keseluruhan kegiatan.
Tidak sekadar sebuah acara rutin,
kuliah umum ini menjadi bagian integral dari rencana program studi pendidikan
matematika tahun 2021. Bertujuan untuk merealisasikan tujuan pendidikan yang
mapan dan berkualitas, kegiatan ini juga dirancang untuk memberikan bekal
pengetahuan kepada peserta, khususnya mahasiswa. Dalam dunia yang terus
berkembang, pemahaman mendalam tentang metode-metode penelitian menjadi modal
utama bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam dalam bidang pendidikan
matematika.
Design Research, Single Subject Research, Ethnography, dan Systematic Literature Review menjadi pilar utama dalam diskusi yang berlangsung. Dari teori hingga praktik, peserta diajak untuk menjelajahi setiap aspek metodologi penelitian ini dengan seksama. Diskusi yang interaktif dan penuh semangat menjadikan acara ini lebih dari sekadar kuliah umum biasa. Ia menjadi momentum untuk menginspirasi dan merangsang minat dalam penelitian pendidikan matematika.
Dengan demikian,
kuliah umum tahap 2 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNMUL bukan hanya
sekedar sebuah acara, namun sebuah peristiwa yang mencerahkan. Melalui
pemahaman yang mendalam tentang metode penelitian ini, diharapkan peserta dapat
menjadi agen perubahan yang membawa terobosan dan inovasi dalam dunia
pendidikan matematika di masa depan.